BAWASLU BALI LAKUKAN RAPAT KOORDINASI PENGAWASAN TAHAPAN PEMILIHAN PILKADA BULELENG TAHUN 2017 DI SERIRIT

  • 12 September 2016
  • Umum
BAWASLU BALI LAKUKAN RAPAT KOORDINASI PENGAWASAN TAHAPAN PEMILIHAN PILKADA BULELENG TAHUN 2017 DI SERIRIT

Buleleng,  10-11 September 2016

     Guna melaksanakan pengawasan yang maksimal pada Tahapan Pemuktahiran Data dan Daftar Pemilih pada Pilkada Buleleng Tahun 2017 maka Bawaslu Provinsi Bali melaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Pemilihan (Pemutakhiran Data Dan Daftar Pemilih) Dalam Rangka Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Buleleng Tahun 2017 yang bertempat di Gran Surya Hotel, Seririt-Buleleng.

     Rakor ini penting karena Pemutakhiran Data Dan Daftar Pemilih yang bermuara/outputnya data pemilih merupakan suatu faktor penting dalam menentukan kesuksesan sebuah Pemilihan Kepala Daerah. Dengan data pemilih yang akurat akan menghantarkan hak politik masyarakat ke dalam wadahnya, yaitu Pemilihan yang adil sehingga tidak ada warga yang mempunyai hak memilih kehilangan haknya untuk memilih pemimpinnya. Tujuan Rakor ini adalah untuk mengoptimalkan koordinasi antara Bawaslu Provinsi Bali, Panwas Kabupaten Buleleng hingga Panwascam Se-Kabupaten Buleleng sehingga pengawasan pada tahapan Pemutakhiran Data Dan Daftar Pemilih dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

     Kegiatan hari Sabtu, tanggal 10 September 2016 adalah pembukaan acara pada pukul 14.00 Wita yang dilakukan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Bali, I Ketut Rudia, SE dan Pimpinan Bawaslu Bali Ir. I Ketut Sunadra, M.Si, dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh I Ketut Rudia yaitu Petunjuk Teknis Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dan Pencalonan dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng Tahun 2017. Pada malam hari dilanjutkan dengan materi Potensi Pelanggaran dan Penanganan Pelanggaran  Tahapan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng Tahun 2017 oleh Ir. I Ketut Sunadra, M.Si hingga pukul 21.00 Wita. Pada hari Minggu, tanggal 11 September 2016 dilanjutkan dengan pemaparan materi Alat Kerja Pengawasan  Tahapan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng Tahun 2017 oleh I Wayan Widyardana Putra, SE dimana peserta dibekali teknis pengisian Alat Kerja Pengawasan guna mengawasi kegiatan coklit yang dilaksanakan oleh PPDP.

Adapun kesimpulan Rapat Koordinasi didapat beberapa kesimpulan diantaranya  :

-          Segera menyusun dan mengirimkan Surat ke KPU Kabupaten Buleleng Untuk mendapatkan data salinan Daftar Pemilih yang akan dicoklit oleh PPDP;

-          Tetap menjalin komunikasi yang intens dengan anggota PPL;

-          Form pada lampiran Surat Edaran Bawaslu RI No. 0536 serta jadwal Pengawasannya akan direvisi sesuai dengan PKPU No 7 dan 8 Tahun 2016.

  • 12 September 2016
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita