Kbs-ace Mendaftar Sebagai Pasangan Calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Bali Tahun 2018

  • 09 Januari 2018
  • Politik
KBS-ACE Mendaftar Sebagai Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Tahun 2018

Senin, 8 Januari 2018 bertempat di Kantor Sekretariat KPU Provinsi Bali, Bakal pasangan calon Dr. Ir. Wayan Koster, M.M dan Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si (KBS-ACE) yang diusung oleh partai PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) mendaftarkan pencalonannya ke KPU Bali untuk tarung Pilgub Bali 2018. KBS-ACE datang pukul 10.40 WITA Diiringi ribuan pendukung dan parade kesenian budaya.

Acara penerimaan syarat pencalonan dan syarat calon dimulai pada pukul 11.00 Wita dan dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Bali berserta jajaran, Tim Bawaslu Provinsi Bali, BNN Provinsi Bali, Perwakilan dari RSUP Sanglah, IDI Bali, HIMPSI Bali, Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Dr. Wayan Koster, M.M dan Dr. Ir. Tjok Oka Artha Sukawati, M.Si (KBS – ACE), Tim Kampanye serta perwakilan partai politik pengusung dan pendukung bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur (KBS-ACE)

Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua KPU Provinsi Bali (I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi) dalam sambutannya ketua KPU Provinsi Bali menyampaikan bahwa tahapan pencalonan ini menjadi salah satu tahapan penting dalam Pemilihan, karena merupakan proses untuk melahirkan Bakal pasangan calon yang akan dipilih oleh masyarakat Bali. Raka Sandi juga mengimbau semua pihak untuk selalu menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran tahapan Pilgub Bali 2018. Termasuk meminta partai politik untuk selalu memberikan pendidikan politik yang sehat untuk masyarakat. Sekaligus mengingatkan masyarakat untuk hadir di TPS pada 27 Juni 2017

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib pendaftaran oleh Komisioner KPU Provinsi Bali (Ni Wayan Widhiasthini) dilanjutkan dengan pembacaan mekanisme pendaftaran oleh Komisioner KPU Provinsi Bali (Kadek Wirati). Setelah pembacaan mekanisme pendaftaran, acara dilanjutkan dengan penyerahan berkas syarat pencalonan dan syarat calon oleh partai politik pengusung dan pendukung bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali tahun 2018 (KBS-ACE) kepada KPU Provinsi Bali dipandu langsung oleh Ni Putu Ayu Winariati Anggota KPU Bali Divisi Teknis dan I Wayan Jondra Anggota KPU Bali Divisi Logistik.

Setelah menyerahkan ke KPU Partai politik juga menyerahkan salinan berkas syarat pencalonan kepada Bawaslu Provinsi Bali, selanjutnya pada pukul 11.24 Wita perwakilan dari RSUP Sanglah menyampaikan beberapa hal terkait tes kesehatan yang akan dilakukan oleh Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali tahun 2018. Dilanjutkan penyampaian Perwakilan dari BNN menyampaikan beberapa hal terkait tes bebas narkotika dan perwakilan dari HIMPSI Bali menyampaikan hal terkait pemeriksaan psikologi.

Komisioner KPU Provinsi Bali (Ni Putu Ayu Winariati) mengatakan, berdasarkan SK KPU 1531 Tahun 2014, SK KPU 1479 dan SK Kepengurusan Tingkat Pusat dan Provinsi, Bakal Pasangan Calon KBS-ACE mengantongi total dukungan sebanyak 27 kursi dari empat Partai Politik di DPRD Provinsi Bali antaranya PDIP sebanyak 24 kursi, PAN 1 kursi, PKPI 1 kursi, Hanura 1 kursi.

Usai menyerahkan syarat calon dan syarat pencalonan acara dilanjutkan dengan klarifikasi langsung oleh KPU Provinsi Bali kepada partai pendukung Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 (KBS-ACE).

Berdasarkan keterangan Ketua KPU Provinsi Bali (I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi) Kelengkapan berkas Bakal Pasangan Calon Dr. Ir. Wayan Koster, M.M dan Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si dinyatakan ada dan telah memenuhi syarat pencalonan setelah dilakukan verifikasi oleh KPU Bali. Raka Sandi menambahkan bahwa tes kesehatan jasmani dan bebas penyalahgunaan narkotika akan dilakukan pada hari Rabu, 10 Januari 2018  di RSUP Sanglah. Dan untuk tes kesehatan Psikologi/Rohani akan dilakukan pada hari Sabtu, 13 Januari 2018 bertempat di Kantor Sekretariat KPU Provinsi Bali.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan tanda terima pendaftaran oleh KPU kepada Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 (KBS-ACE) beserta partai politik pengusung dan pendukung disertai foto bersama. Penyerahan tanda terima juga diberikan kepada Bawaslu Provinsi Bali oleh KPU Provinsi Bali disertai foto bersama. Acara kemudian ditutup oleh Ketua KPU Provinsi Bali (I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi) pada pukul 13.24 Wita.

  • 09 Januari 2018
  • Politik

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita